Tips tepat Memberikan Makanan Kucing Hamil

Merawat hewan peliharaan adalah sebuah kewajiban bagi sang pemilik hewan sehingga hewan bisa hidup dan berkembang dengan baik. Salah satu perawatan terbaik yang perlu diperhatikan adalah pemberian makan. Terlebih jika hewan tersebut sedang mengandung maka pemilihan makanan perlu diperhatikan dengan baik. Jika anda memiliki kucing yang sedang mengandung, maka memberikan Makanan kucing hamil yang tepat adalah pilihan yang paling baik karena pemberian makanan yang sembarangan bisa menimbulkan resiko yang bisa dialami oleh kucing hamil. Dengan demikian, anda tidak boleh memberikan makanan secara asal untuk kucing hamil.

Jenis Makanan kucing hamil

Perlu anda ketahui bahwa ada banyak jenis makanan kucing khusus untuk hamil yang memiliki kualitas terbaik. Sama seperti halnya manusia, kucing yang hamil juga memerlukan makanan dan perawatan khusus untuk membantu pertumbuhan bayi dan menyokong kesehatan ibu. Meskipun kucing hamil tidak dibatasi, namun umumnya makanan yang bisa memenuhi kebutuhan justru ditemukan pada makanan anak kucing atau jenis makanan kucing yang basah. Akan tetapi, anda juga bisa memberikan makanan kucing yang kering dan ada baiknya juga untuk memilih makanan yang berkualitas serta memiliki nutrisi yang baik. Pada awal kehamilan, maka ada baiknya tidak berlebihan dalam memberikan makanan karena kucing ini bisa kelebihan kalori dan juga nutrisi dan membuatnya mengalami obesitas.

Obesitas atau kelebihan berat badan pada kucing yang sedang hamil cukup berbahaya bagi ibu ataupun bayi kucing. Oleh karena itu, mengganti Makanan kucing hamil secara berlahan dengan mencampur mkanan kucing dewasa dengan makanan anak kucing adalah cara terbaik agar perkembangan kucing hamil lebih baik. Selain itu, ada baiknya juga agar anda tidak menambah porsi makanan kucing hamil kecuali jika kucing tersebut merasa sangat lapar atau memang berat badannya kurang. Pada awal kehamilan, anda juga bisa memberikan kucing tersebut diet kaya lemak untuk mendukung kehamilan serta produksi susu untuk memberi makan anak-anak didalam perutnya.

Cara membuat Makanan kucing hamil sendiri

Jika anda tidak ingin membeli makanan kucing, maka anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Dengan membuat makanan sendiri, anda tidak hanya memberikan gizi yang tinggi namun makanan buatan sendiri juga akan lebih terjaga kebersihannya sehingga akan lebih sehat. Oleh karena itu, berikut ini beberapa bahan dan cara untuk membuat makanan kucing. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah daging sapi atau ayam yang sudah direbus brokoli dan wortel kukus. Anda juga bisa menambahkan air rebusan daging sapi atau ayam secukupnya.

Adapun untuk membuatnya adalah dengan mencampur dan menghaluskan semua bahan dengan menggunakan blender. Jika perlu, anda juga bisa menambahkan sedikit keju untuk memberikan rasa ke dalam campuran tersebut. Setelah halus, anda bisa mendinginkan makanan tersebut dalam suhu ruang beberapa saat sebelum disajikan. Jika tidak habis, maka anda bisa menyimpannya di kulkas agar aman untuk diberikan. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait Makanan kucing hamil yang perlu anda ketahui.