Apapun kondisi motor yang dibeli baik itu baru atau bekas, sebenarnya semuanya sama – sama butuh perawatan. Akan tetapi untuk motor bekas Bandung yang artinya motor yang dibeli dari tangan pertama, perawatan yang harus dilakukan memang ekstra.

Pasalnya motor yang dibeli bukan motor dengan kondisi baru dan sudah pernah dipakai oleh pemilik sebelumnya. Agar selalu awet, berikut tips perawatan motor bekas yang Anda harus lakukan agar motor Anda awet dan tahan lama!

Tips Perawatan Setelah Beli Motor Bekas Bandung

Memastikan kondisi aki selalu prima

Memeriksa kondisi aki sangat penting dilakukan sebelum Anda membeli motor bekas. Utamanya jika motor yang akan Anda beli adalah motor injeksi karena aki pada motor injeksi merupakan sumber listrik untuk menghidupi sistem pembakarannya.

Pastikan akinya dalam kondisi prima dan jika memang kondisi akinya kurang baik Anda bisa meminta penjual untuk mengganti akinya atau memberi alternatif lain kepada Anda.

Oli perlu diganti secara teratur

Melakukan penggantian oli merupakan hal rutin yang harus dilakukan setidaknya dua bulan sekali. Terlebih jika motor bekas Anda sudah menempuh jarak 1000 km maka oli harus segera diganti. Jangan sampai motor Anda kekurangan oli karena dapat mengakibatkan kinerja mesin menjadi terganggu.

Cek selalu busi motor

Busi menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dalam proses pembakaran mesin. Jika busi mengalami kerusakan, maka proses pembakaran mesin pada motor tidak akan bisa berjalan sempurna. Hal ini mengakibatkan mesin menjadi kurang bertenaga dan bisa membuat motor tidak menyala.

Kondisi ECU perlu dicek

ECU atau Electronic Control Unit pada motor juga perlu diperhatikan. Tujuannya agar kondisi dan kinerja sistem injektor pada motor bisa bekerja dan berfungsi dengan baik. Jika ECUnya bermasalah tentu kondisi sistem injektor juga bermasalah.

Kebanyakan motor bekas bermasalah pada bagian busi dan ECU. Oleh sebab itu perawatan dan pengecekan secara berkala setelah beli motor bekas Bandung perlu Anda lakukan.