Apa itu Internet Of Things? IoT atau internet untuk segala mendeskripsikan suatu benda mempunyai jaringan atau network atau dengan kata lain sistem dari berbagai benda atau perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan data lewat network khusus tanpa bantuan manusia sekalipun. Benda atau things disematkan dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya dengan tujuan untuk menyambung dan bertukar data dengan alat lain dan sistem melalui internet.

IoT atau disebut juga internet of things adalah salah satu terobosan terbaru di dunia teknologi yang menjanjikan. Selain machine learning dan big data, IoT juga merupakan hal populer di dunia revolusi industri 4.0.

Benda atau perangkat ini bisa peralatan rumah tangga sampai ke alat-alat industri yang mungkin kurang familiar untuk orang biasa.

Dilansir dari oracle.com, jumah benda yang terhubung dengan IoT ini akan naik menjadi 22 miliar pada tahun 2022.

Contoh penerapan IoT

apa itu internet of things

Teknologi ini memiliki manfaat dalam banyak hal seperti yang dijelaskan di atas. Mulai dari peralatan rumah tangga seperti kulkas sampai alat-alat industri seperti manufaktur.

Berikut contoh penerapan IoT yang lain!

1. Pintu garasi

Pintu garasi dengan IoT bisa membuka dan menutup sendiri secara otomatis. Dengan fitur pengecekan sidik jari seperti saat kita sedang input absensi di kantor. Pintu garasi dengan IoT juga bisa jadi salah satu fitur keamanan rumah karena bisa mendeteksi pengunjung yang memaksa masuk rumah, contohnya maling.

2. Pengecekan kualitas air untuk kolam (budidaya ikan)

Para peternak ikan biasanya memakai suhu dan aspek fisis lain yang tidak memiliki parameter angka dalam pembersihan atau pengecekan kualitas kolam alias berdasarkan intuisi saja.

Dengan teknologi ini, para peternak ikan bisa dengan mudah melakukan penjadwalan pembersihan kolam karena sudah diatur parameternya.

3. Pemantauan lampu di kota besar

Pemerintah Jakarta menggunakan teknologi ini untuk pemantauan lampu jalan. Teknologinya disebut CityTouch.

Dengan teknologi ini pemerintah bisa dengan mudah memantau lampu mana yang rusak sehingga bisa dilakukan perbaikan lebih cepat daripada biasanya.

4. Penjaga kualitas kopi

Dengan makin menjamurnya coffee shop di Indonesia dan permintaan kopi yang melonjak. IoT bisa dimanfaatkan untuk menjaga kualitas dan rasa kopi untuk memuaskan pelanggan.

Selain itu kualitas rasa yang terjaga dan bahkan naik bisa membuat para pelanggan bertambah yang sangat menguntungkan untuk bisnis.

5. Pengecekan kadar polusi udara

Polusi udara merupakan salah satu parameter yang harus dicek di industri-industri terutama daerah pabrik.

Dengan IoT, penerapan HSE di daerah industri bisa lebih terjamin karena dengan teknologi itu, jika kualitas udara sudah sangat buruk atau mencapai batas, sirine akan berbunyi dan mengingatkan para pekerja agar pergi dari daerah tersebut.

Kadar pencemaran udara bisa dari karbon monooksida, ammonia, sulfur, dll.

Memilih vendor IoT terbaik

Dengan prediksi dari ahli yang mengatakan bahwa kenaikan perangkat dengan teknologi internet of things pada tahun 2022, maka ini adalah peluang bisnis yang besar dan kemajuan teknologi yang tidak terelakkan.

Jika Anda adalah pemilik bisnis atau sedang mencari jasa vendor IoT tentunya harus memilih vendor terbaik untuk kemajuan perusahaan Anda.

Telkomiot.com adalah vendor IoT Indonesia yang disediakan oleh Telkom Indonesia, tentunya sudah terpercaya untuk jasa dan layanan IoT untuk perusahaan dan bisnis Anda!

Telkomiot.com menyediakan jasa IoT dalam penerangan lampu, pelacakan aset, kelistrikan, distribusi air dan Antares IoT Platform yang berfungsi untuk menggunakan kemampuan dan fitur-fitur Antares sesuai dengan keperluan Anda! Menarik bukan platform Antares ini?

Setelah mengetahui apa itu Internet of things, Anda bisa langsung memesan jasa IoT untuk bisnis Anda di Telkomiot.com dan dapatkan teknologi internet of things untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda puluhan kali lipat!