Belakangan cara budidaya ikan lele di ember menjadi tren belakangan sebab caranya sangatlah mudah, sederhana, dan seru untuk dijadikan hobi. Tahun 2021 ini ikan lele harganya telah mencapai 20 ribu – 25 ribu per Kg.

Harga ini tergantung dari jenis dan ukuran lele. Dengan membudidayakan ikan lele di ember, sebagai pembudidaya, anda dapat langsung mengambil lele segar dari ember dan langsung measaknya tanpa pergi ke pasar. Hasil ikan lele yang dibudidayakan di ember juga dapat dijual dengan harga yang lumayan.

cara budidaya ikan lele di ember

Kelebihan berternak ikan lele dalam ember adalah tidak butuh terlalu banyak lahan, biaya, dan kerepotan dalam merawatnya sebab lele adalah ikan yang sangat tangguh. Wajar jika ikan lele dijuluki “tikus air”.

Cara Budidaya Ikan Lele di Ember

Budidaya ikan lele di ember dapat menjadi alternatif yang dapat anda lakukan dirumah. Berikut cara budidaya ikan lele di ember:

Persiapan Budidaya Ikan Lele di Ember

Siapkan ember 80 liter dengan diameter setengah meter, bibit ikan lele, dan strimin. Pertama, anda harus membuat sebuah lubang pembuangan di bagian bawah samping ember yang dipasang dengan kran.

Isi air hingga penuh namun jangan terlalu lalu diamkan selama tiga hari. Tambahkan benih lele sebanyak 60 ekor. Ini adalah jumlah maksimum yang bisa ditambahkan.

Selanjutnya strimin dibutuhkan untuk menutup bagian atas ember agar ikan lele tidak meloncat. Ember harus mendapatkan sinar matahari langsung.

Perawatan Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele dengan ember selanjutnya adalah perawatan paling utama dengan memberikan makanan pelet untuk ikan lele. Namun Anda perlu membeli benih dari tempat yang jual bibit ikan lele terpercaya dan bersertifikat.

Pakan diberikan sebanyak tiga kali dalam sehari. Sebetulnya lele adalah hewan nokturnal yang lebih banyak beraktivitas pada malam hari.

Oleh sebab itu, pakan paling bagus diberikan pada malam hari sebab saat malam mereka akan rakus. Ingatlah untuk memberikan makan lele jangan sampai telat karena ikan lele yang lapar dapat menjadi kanibal yang memakan sesamanya.

Panen

Panen dilakukan setelah 2,5 – 3,5 bulan setelah pembenihan. Ukuran lele telah mencapai 5 -7 cm. Cara budidaya ikan lele di ember tentu hasilnya tidak besar namun hasil panennya cukup lumayan.