Budidaya ikan cupang bisa dibilang gampang-gampang susah sebab perlu ketelitian dan pemahaman yang dalam mengenai ikan ini untuk dapat melakukan budidaya. Ikan cupang memang menjadi promadona sebagai hewan yang sangat murah untuk dibudidaya sebab budidaya dapat dilakukan dirumah dengan peralatan seadanya.

Peralatan yang diperlukan adalah wadah pemijahan yang dapat berupa ember atau wadah yang ada di rumah. Botol transparan untuk tempat ikan, serokan, dan pakan.

budidaya ikan cupang

Jika anda hendak melakuka ternak ikan cupang maka saat ini adalah waktu yang tepat sebab saat pandemi banyak orang mulai melirik pada hobinya dan saat pandemi seperti saat ini budidaya cupang sedang naik.

Cara Budidaya Ikan Cupang

Untuk Anda yng ingin mencar usaha tambahan, berikut ini cara budidaya ikan cupang di rumah yang bisa Anda lakukan.

1.Pemijahan Ikan Cupang

Pemijahan adalah proses pembuaha sel telur betina oleh pejantan sehingga menghasilkan telur yang nantinya akan ditetaskan. Pemijahan dilakukan dengan memasangkan kedua cupang dalam satu wadah agar mereka dapat kawin. Saat mereka kawin maka betina akan menghasilkan telur yang nantinya akan dirawat oleh pejantan.

2.Perawatan Ikan Cupang

Ikan cupang yang baru menetas disebut dengan burayak. Burayak atau bibit ikan ini nantinya hanya dapat memakan renik yang tak kasat mata seperti plankton, alga, kutu air, dan detritus. Semua anakan cupang akan tetap dalam satu wadah sampai cukup besar untuk dipindahkan ke wadah soliter.

Makanan yang diberikan saat sudah besar adalah cacing sutra, kutu air, dan jentik untuk manakan alaminya. Dapat juga diberikan makanan pellet untuk budidaya ikan cupang ini. Pastikan tak terlalu banyak memberikan makanan agar air tidak tercemar.

3.Hal yang Harus Diperhatikan dalam Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang adalah ikan yang lumayan sensitif. Oleh sebab itu maka kualitas air adalah hal penting yang harus dijaga sebab jika terdapat terlalu banyak kotoran dan sisa makanan natinya akan menghasilkan amonia yang dapat membuat sakit ikan cupang atau bahkan membunuhnya.

Gunakanlah air PAM ketimbang menggunakan air sumur sebab air sumur mengandung klorin yang dapat berbahaya bagi budidaya ikan cupang.

Sebagian menganggap ikan cupang dapat hidup hanya dengan mengandalkan tanaman sebagai sumber makanan. Itu tidak benar, sebab tanaman adalah tempatnya bermain dan bersembunyi sedangkan cupang sendiri adalah hewan karnivora.