Anak Tak Suka Sayuran Coba Buat Cemilan Sayur bagi Anak

Tak jarang anak-anak justru memilih makanan yang tidak bergizi yang banyak di jual di warung-warung. Memang boleh makan makanan tersebut, tapi jumlahnya harus dibatasi. Inilah peran orang tua untuk selalu memantau apa saja yang dikonsumsi anak-anak. Sebab, mereka tidak tahu yang dikonsumsi baik atau tidak.

Untuk menghindari hal tersebut, ada langkah yang cukup jitu agar anak bisa mengurangi makan-makanan ringan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membuatkan makanan yang unik dan menarik bagi anak. Lantas apa makanan yang unik dan menarik bagi anak?

Cemilan Disukai oleh Anak-Anak

Iya, cemilan memang sangat disukai oleh anak-anak. Pemberian cemilan pada anak juga tidak sulit dan sangat fleksibel. Cemilan bisa diberikan saat anak bermain ataupun belajar. Anak menganggap cemilan sebagai makanan yang ringan dan menarik bagi mereka.

Oleh karena itu, diperlukan kreativitas orang tua, khususnya ibu agar bisa membuat cemilan yang unik dan menarik bagi anak. Tak hanya unik dan menarik, tetapi juga cemilan sehat untuk anak.

Anak-anak umumnya kurang suka sayuran, akan tetapi sayuran memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Cobalah untuk membuat sayuran menjadi cemilan yang enak dan sehat bagi anak, demi mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Cemilan Sayur Bagi Anak

Kalian tidak perlu bingung untuk membuat kreasi cemilan sayur bagi anak. Cukup gunakan bahan yang ada dan mudah ditemui di pasar. Berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi para orang tua untuk membuat cemilan sayur yang sehat bagi anak.

1. Nugget Sayuran

Nugget adalah salah satu cemilan yang digemari anak-anak karena rasanya yang enak dengan bentuk yang lucu. Umumnya nugget terbuat dari ayam dan daging sapi. Tetapi, telah banyak resep untuk membuat nugget berbahan utama sayuran. Cara membuatnya pun sama, hanya saja bahan ayam dan dagingnya diganti dengan sayur, seperti wortel, kentang, brokoli, dan lain sebagainya.

2. Bola-Bola Sayuran

Seperti namanya, cemilan ini berbentuk bola atau bulat. Bola-bola ini sebenarnya banyak sekali variasi dan resepnya. Bisa juga memakai resep membuat bakwan, hanya saja dibentuk bulat-bulat seperti bola. Nah isian dari bola-bola ini bisa diganti dengan sayuran sehat, seperti tomat, sawi, kol, brokoli, wortel, dan masih banyak lagi. Bisa berupa potongan kecil-kecil ataupun dihaluskan. Dijamin anak-anak pasti suka makanan cemilan ini.

Demikian, uraian singkat mengenai cemilan sayur sebagai solusi dari anak-anak yang tidak suka makan sayur. Meskipun tidak suka sayur, tetap kenalkan mereka sedikit demi sedikit terhadap sayuran. Sayuran ini merupakan makanan yang sangat penting bagi anak-anak. Di dalam sayuran terkandung berbagai vitamin dan mineral penunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi, harus diusahakan agar anak-anak suka makan sayur.