Tips Menikmati Trail Run yang Seru

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan siapa saja baik anak-anak hingga lansia. Selama pandemi berlangsung, sebagian orang memang membatasi aktivitas di luar ruangan termasuk olahraga. Anda bisa memilih jogging yang bisa dilakukan di sekitar rumah atau jalanan umum asal tetap patuh pada aturan pemerintah. Bila ingin mencoba sensasi olahraga lari yang lebih seru, cobalah melakukan trail run di alam bebas yang menyenangkan.

Ingin melakukan trail run akhir pekan, perhatikan 7 poin penting ini!

Trail run adalah lari lintas alam yang memberikan sensasi petualangan seru sembari menikmati keindahan alam. Manfaat jogging bagi kesehatan organ jantung, melatih kekuatan otot, meningkatkan keseimbangan serta bisa mengelola stress dari aktivitas sehari-hari. Supaya rencana Anda menikmati trail run lebih aman dan nyaman, maka sebaiknya ketahui beberapa persiapan melakukan olahraga di alam bebas berikut :

1. Memilih rute yang aman

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih rute yang aman. Medan alam bebas membutuhkan perhitungan matang sebab area bisa saja berbatu, licin, memiliki elevasi yang tinggi, dan lain-lain. Faktor medan berat harus menjadi perhatian agar tidak terjadi risiko Anda terjatuh karena tenaga yang terkuras selama perjalanan.

2. Perhatikan cuaca hari H

Anda sudah merencanakan kegiatan lari di alam bebas jauh hari, tapi tetap tergantung dengan kondisi cuaca hari H. Pastikan cuaca pada hari terkait cerah atau lihat situs BMKG terkait untuk informasi cuaca di tempat tersebut. Jika daerah yang menjadi tujuan Anda mengalami masalah cuaca buruk, sebaiknya alihkan jadwal ke tempat lain.

3. Melakukan persiapan fisik

Sebelum melakukan trail run bersama dengan teman-teman, sebaiknya lakukan persiapan fisik seperti istirahat yang cukup, minum air putih lebih banyak, melakukan pemanasan, dan lain-lain. Selain itu, Anda harus melakukan persiapan perlengkapan yang dibutuhkan seperti sepatu, pakaian, botol minuman, kotak obat, dan lain-lain.

Pilih jenis sepatu yang didesain untuk melakukan olahraga lari di alam bebas yaitu trail running shoes. Jenis sepatu ini lebih aman digunakan untuk menjelajah medan lebih berat dibandingkan sepatu lari biasa.

4. Memiliki beberapa teman tambahan

Hindari melakukan perjalanan lari di alam bebas sendirian sebab risiko bisa terjadi kapan saja. Miliki beberapa teman yang akan menikmati kegiatan trail run bersama. Pada masa pandemi ini, usahakan semua orang dalam kelompok telah mengikuti prosedur tes kesehatan yang lebih aman. Jangan lupa untuk tetap membawa perlengkapan kesehatan untuk antisipasi risiko yang tidak terduga.

5. Memiliki fokus dan konsentrasi

Anda melakukan lari di alam bebas sehingga fokus dan konsentrasi harus tetap terjaga optimal. Usahakan Anda tidak memikirkan hal lain kecuali fokus pada medan yang berat. Pasalnya, medan bisa saja memiliki bebatuan, akar yang menonjol, licin, dan hal lain yang butuh kesadaran tingkat tinggi.

6. Menjaga jarak

Tidak hanya sebagai bentuk upaya mematuhi prokes selama pandemi ini, tetapi menjaga jarak selama berlari di alam bebas merupakan antisipasi bila pelari di depan mengalami jatuh. Setidaknya pelari di belakang tidak ikut terkena bila menjaga jarak, asal jarak tetap batas normal. Anda juga bisa mengecek teman lain yang berada di belakang dalam kondisi baik atau tidak alami cedera bila jarak tidak terlalu jauh.

7. Fleksibilitas

Utamakan fleksibilitas dalam berlari dengan mengukur kecepatan yang bisa Anda lakukan berdasarkan waktu, medan dan kemampuan fisik. Bila Anda belum terbiasa lari di alam bebas, maka pilih medan yang tidak begitu sulit dan mudah akses menuju ke fasilitas publik. Istirahat secara berkala dengan berjalan saja atau duduk di tempat yang aman. Jangan terlalu memaksa kemampuan berlari bila Anda masih pemula lintas alam.

Jogging di alam bebas merupakan salah satu kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama teman-teman. Pastikan Anda mengutamakan keselamatan selama melakukan lari di alam bebas ini. Hindari memilih medan yang terlalu berat tanpa persiapan matang atau Anda masih pemula di bidang lintas alam. Menikmati pemandangan alam yang indah sembari berolahraga yang menyehatkan fisik dan mental, kenapa tidak?

By Maitsa